Telkomsel Dukung Tren Kendaraan Terkoneksi

Telkomsel Dukung Tren Kendaraan Terkoneksi

Era Internet of Thing (IoT) sudah dimulai, perusahaan teknologi pun berlomba menghadirkan ekosistem pendukung, tak terkecuali operator seluler di Indonesia.

Telkomsel baru saja merilis FleetSight yang memberikan solusi pengelolaan armada yang mensinergikan perangkat telematik berbasis satelit yang dipasangkan pada aset bergerak atau kendaraan dengan layanan konektivitas.

Dengan demikian, perusahaan bisa memantau armada mereka agar efektif dan efisien. Sejauh ini, layanan tersebut menyasar kalangan bisnis.

Lantas, bagaimana untuk konsumen perseorangan? Meski belum dirilis, Telkomsel mengaku sudah siap mendukung kendaran terkoneksi.

Menurut VP Internet of Things Telkomsel Marina Kacaribu, saat ini memang mulai tren kendaraan terkoneksi. Insiatif ini dibuat oleh para pembuat mobil untuk makin melengkapi fitur kendaraan yang mereka jual.

Tidak seperti di sejumlah negara maju, di Indonesia, teknologi tersebut memang belum banyak diaplikasikan.

“Tapi saya yakin tidak lama lagi vendor otomotif akan mulai membawa inovasi kendaraan terhubung ke Indonesia,” kata Marina saat konferensi pers peluncuran Telkomsel FleetSight di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Nah di saat itulah, lanjut Marina, Telkomsel akan mengambil peranan penting. Sebagai operator seluler, mereka akan menyediakan koneksi agar mobil dapat terhubung dengan internet.

“Saat ini pihak OEM sudah mulai memasangkan mobil barunya dengan teknologi terhubung. Kami siap menghadirkan koneksinya. Tapi saat ini masih menunggu inisiatif mereka seperti apa di Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga  Ericsson Puji Upaya Indonesia Terapkan 5G

Related posts

Leave a Comment